Penggantian ukuran velg (roda) mobil ada plus dan minusnya. Menurut Halim Putera Siswanto, pehobi otomotif, pengubahan sidewall (profil atau dinding ban) sebesar satu ukura dengan ukuran telapak, velg, dan ketinggian suspensi tetap, dapat memberikan konsekuensi sebagai berikut:
Celah Tanah.
Penggunaan profil ban
lebih tinggi dapat meningkatkan ground clearance. Misalnya ukuran 215/55
R17 menjadi ukuran 215/60 R17 secara matematis akan menambah ground
clearance sebesar 1,075 cm. Hal ini tentu berguna bagi mobil dengan
ground clearance rendah agar tidak mengalami hambatan pada saat melewati
polisi tidur (bump) dan jalan berlubang.
Sedangkan penggunaan profil ban yang lebih rendah dapat menurunkan
ground clearance. Misalnya ban 215/55 R17 menjadi ukuran 215/50 R17
secara matematis akan menurunkan ground clearance sebesar 1,075 cm.
Mobil dengan ground clearance rendah, akan meningkatkan risiko
terbenturnya kolong mobil pada saat melewati permukaan jalan yang tidak
rata.
Stabilitas.
Penggunaan profil ban
yang lebih tinggi dapat menambah efek body roll sehingga pada akhirnya
akan mengurangi stabilitas pengendaraan. Hal ini disebabkan karena
semakin tinggi ukuran dinding ban, maka risiko dinding ban terlipat pada
saat mobil berpindah jalur atau melewati tikungan menjadi lebih besar.
Akselerasi.
Penggunaan profil ban
yang lebih tinggi akan menambah diameter dan bobot ban secara
keseluruhan sehingga diperlukan output yang lebih besar dari mesin untuk
menggerakkan ban. Konsekuensinya adalah kemampuan mobil untuk
berakselerasi akan menurun (tarikan menjadi lebih berat), bahkan
konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bakal lebih boros.
Pengereman.
Penggunaan profil ban
yang lebih tinggi menambah diameter dan bobot ban secara keseluruhan
sehingga momentum (massa x kecepatan sudut) ban yang harus diatasi oleh
sistim rem menjadi bertambah. Dengan demikian, efektivitas pengereman
menjadi menurun sehingga jarak dan waktu pengereman yang dibutuhkan
menjadi lebih panjang.
Radius Putar Minimum.
Penggunaan
profil ban lebih tinggi mengakibatkan panjang diameter ban menjadi
bertambah sehingga secara empiris dapat dirasakan bahwa radius putar
minimum mobil menjadi berkurang, dan mobil menjadi lebih sulit untuk
berbelok atau melakukan u-turn.
Setelah mengetahui tentang berbagai konsekuensi yang timbul dari
perubahan ukuran ban mobil, maka kiranya keputusan untuk melakukan
penggantian atau modifikasi atas ban tersebut dapat melewati
pertimbangan bijak, yang disesuaikan dengan kebutuhan, anggaran, dan
ketersediaan ban yang dijual di pasaran, serta dengan menempatkan faktor
keselamatan sebagai hal utama dan terutama. Have A Safety Driving.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar