Senin, 25 Januari 2016

Hal Yang Harus Dihindari Bikers Biar Tetap Sehat Saat Musim Hujan

 

Musim hujan telah tiba, walaupun intensitasnya belum begitu tinggi. Namun, kondisi cuaca yang sering berubah-ubah tentu punya dampak terhadap kesehatan bikers.

Apalagi namanya pengendara motor sejati, hujan badai tidak lantas menciutkan nyali untuk tidak berkendara. Karena itu, resiko sakit lebih rentan menyerang pengendara sepeda motor saat kehujanan di jalan. Oleh sebab itu, kepedulian terhadap kondisi fisik saat peralihan musim harus di waspadai agar tidak sakit.

Untuk itu, dr. Shandy Sama Putra, Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah, Kecamatan Johar Baru, Senen, Jakarta Pusat, mengingatkan untuk selalu menjaga fisik ketika masuk musim penghujan. Terutama menjaga pola makan.

  • “Hindari makanan dan minuman yang tidak bersahabat dengan kesehatan seperti minum air es, dan makan goreng-gorengan. Karena, minum air es dapat mengubah suhu badan, sedangkan makan goreng-gorengan dapat mengakibatkan gangguan pada tenggorokan,” ungkap Shandy.
  • “Pilih makanan yang memiliki kandungan mineral seperti sayur-sayuran, contohnya bayam. Bikers juga harus peduli tentang asupan anti oksidan, seperti mengonsumsi vitamin c,”. 
  • Di musim hujan, patut diwaspadai juga soal dehidrasi, atau cairan tubuh yang berkurang namun tidak disadari. Karena akibat suhu udara yang dingin, tubuh jadi tidak merespon yang seharusnya sudah haus.“Sebetulnya, setiap manusia itu membutuhkan 2 liter air per hari, nah bagi bikers yang memiliki kegiatan bermotor yang berat atau lama, dianjurkan lebih banyak lagi meminum air putih, agar terjaga dari gejala dehidrasi,” tutup Shandy.

Sumber: Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar