Selasa, 26 Januari 2016

Fungsi Utama Ban


Ban merupakan salah satu faktor terpenting dalam berkendara yang memiliki berbagai macam fungsi untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam berkendara.

Secara umum, fungsi utama dari ban untuk semua jenis kendaraan pada dasarnya sama, yaitu;
  1. Menahan Beban, dalam hal menahan beban, yang paling berpengaruh adalah tekanan angin. Karena angin dalam ban berfungsi untuk menopang berat kendaraan dan muatan.
  2. Meredam Guncangan, tekanan angin dan tipe ban (radial/ bias) sangat berpengaruh dalam meredam guncangan awal sebelum diredam lagi oleh suspensi. Ban tipe radial mampu meredam guncangan lebih baik daripada ban tipe bias.
  3. Meneruskan tenaga dari mesin, ban berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan. Hal ini berkaitan dengan kinerja traksi dan pengereman, yang berpengaruh dalam hal ini adalah pattern atau kembangan dari ban.
  4. Meneruskan fungsi kemudi, ban sangat penting dalam mengontrol arah kendaraan, hal ini akan menentukan kemampuan bermanuver dan kestabilan dalam berkendara.

Jika ban telah disesuaikan dengan fungsi utamanya, tentu akan mengurangi gangguan maupun kendala saat berkendara dan  menjadi langkah tepat dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan, yang merugikan pengemudi sendiri dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar