Selasa, 02 Februari 2016

Cara Aman Parkir Di Tanjakan


Jika tidak berhati-hati saat memarkir, akan timbul kemungkinan mobil meluncur ke arah bawah dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk menghindari kemungkinan itu, ada empat tips yang bisa dipraktikkan, seperti dilansir dari Astraworld, Senin, 1 Februari 2016.

Yang pertama adalah pastikan mengaktifkan rem tangan dengan maksimal. Pada posisi parkir menanjak ataupun menurun, usahakan menarik lebih kuat tuas rem tangan.

Kemudian posisikan transmisi pada posisi gigi satu atau mundur (untuk transmisi matik pasang di posisi P).

Ketiga, belokkan roda depan ke sisi kiri atau kanan. Ketika parkir di tanjakan, putar roda depan hingga sisi bagian belakang salah satu roda depan menyentuh trotoar atau bidang yang lebih tinggi dari jalan.
Hal ini dilakukan, agar ketika rem tangan gagal berfungsi, posisi ban menjaga kendaraan  tidak bergerak, karena ditahan oleh trotoar tersebut.

Terakhir, ganjal roda depan dengan kayu atau batu. Jika lokasi parkir sangat terjal dan licin, tambahkan dengan ganjalan pada bagian roda depan dan belakang secara menyilang.
Misalnya, roda yang diganjal adalah roda bagian depan kiri dan bagian roda belakang kanan, agar posisi parkir mobil lebih aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar